Kartu Prakerja Gelombang 50 Telah Dibuka! Cek Dulu Apa Saja Persyaratan untuk Pendaftaran Agar Lolos

- Sabtu, 25 Maret 2023 | 04:00 WIB
Informasi Kartu Prakerja Gelombang 50 (prakerja.go.id Dicintai.com)
Informasi Kartu Prakerja Gelombang 50 (prakerja.go.id Dicintai.com)

Dicintai.com - Manajemen pelaksana Prakerja mengumumkan bahwa pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 50 telah dibuka melalui akun Instagram resmi mereka.

Bagi yang sudah memiliki akun Prakerja, tidak perlu melakukan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 50 lagi, hanya perlu meng-klik "Gabung Gelombang" di situs resmi prakerja.go.id.

Namun, bagi yang belum memiliki akun Prakerja, harus memahami syarat-syarat yang diperlukan sebelum mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 50.

Baca Juga: 5 Penyakit yang Bisa Sembuh Saat Puasa Ramadhan 2023, Ternyata Tidak Hanya Kewajiban dan Mendapatkan Pahala

Syarat daftar Kartu Prakerja Gelombang 50 di antaranya adalah: warga negara Indonesia, berusia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun, tidak sedang menempuh pendidikan formal, sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja.

Selain itu, calon penerima Kartu Prakerja tidak boleh menjadi pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, aparatur sipil negara, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa, dan direksi/komisaris/dewan pengawas pada BUMN atau BUMD. Maksimal dua Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam satu Kartu Keluarga (KK) dapat menjadi penerima Kartu Prakerja.

Baca Juga: Jangan Lewatkan Ini! Detoksifikasi Tubuh Ala dr Zaidul Akbar, Cukup Pakai Daun Kelor dan Air Kelapa

Untuk mendaftar, calon penerima Kartu Prakerja harus memasukkan email dan password akun pada laman resmi prakerja.go.id.

Selanjutnya, calon penerima harus mengisi NIK, nomor KK, dan tanggal lahir pada laman tersebut.

Kemudian, lengkapi data diri dengan informasi yang akurat, seperti nama lengkap sesuai KTP, jenis kelamin, nama lengkap ibu kandung, status perkawinan, dan jumlah tanggungan.

Baca Juga: Tak Ada Matinya! Inilah 5 Peluang Bisnis yang Dapat Terus Bertahan dan Usaha yang Tidak Kenal Zaman

Isikan alamat sesuai KTP mulai dari nama jalan hingga kelurahan/desa. Pilihan juga tersedia bagi yang alamatnya tidak sesuai KTP/domisili.

Calon penerima harus melakukan verifikasi foto e-KTP dari ponsel/handphone mereka. Apabila foto e-KTP sudah sesuai ketentuan, klik "Gunakan Foto".

Lalu, calon penerima harus melakukan verifikasi wajah sambil berkedip dengan mengklik "Scan Wajah" dan mengikuti arahan agar verifikasi berjalan lancar.

Halaman:

Editor: Dendy Setiawan

Sumber: prakerja

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X